10 Khasiat Kulit Pisang yang Tidak Banyak Diketahui Orang

10 Khasiat Kulit Pisang yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Pisang bahan yang enak, murah, dan barangkali didapat di negara beriklim katulistiwa seperti Indonesia. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM –┬áPisang pokok yang enak, murah, dan mungkin didapat di negara beriklim katulistiwa seperti Indonesia.

Sayangnya selain menikmati daging buah banana yang manis dan legit, tak banyak yang tahu, kulit pisang mempunyai segudang manfaat.

Mulai sekarang, jangan buang kulit pisang Anda. Berikut 10 khasiat kulit pisang yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Menyemir sepatu dan benda-benda berbahan kulit
Untuk pakaian berbahan katun, getah kulit pisang dasar bisa menyebabkan noda hitam dengan sulit dibersihkan. Namun kulit banana memiliki khasiat bagi benda-benda berbahan kulit. Gosokkan bagian dalam jangat pisang pada sepatu kulit Kamu. Kemudian bersihkan dengan lap jarang. Anda akan mendapatkan sepatu kulit yang mengilap layaknya baru disemir. Bisa pula diaplikasikan pada benda-benda berbahan kulit lainnya seperti jaket, sofa, dan tas.

2. Melunakkan ayam membakar
Ketika memanggang mandung, lapisi bagian atas dan lembah ayam dengan kulit pisang. Cara ini membuat daging ayam rontok dari tulang-tulangnya, bertekstur lembut, melempem, dan lumer di mulut.

3. Menyuburkan flora
Kulit pisang mampu kalsium dan magnesium yang benar baik untuk menyuburkan tanah. Letakkan kulit pisang di pot flora atau tanah di sekitar flora Anda agar tanaman tumbuh dengan subur. Kulit pisang sangat elok untuk menyuburkan terutama pohon tomat.

4. Menyembuhkan gatal, ruam, dan gigitan insect
Menggosokkan kulit pisang di area kulit yang merah-merah akibat gatal, ruam, dan gigitan serangga akan membuat kulit kembali halus dan menghilangkan bentol.

5. Membersihkan perabotan berbahan perak
Campur kulit pisang dengan air, berserakan blender. Racikan ini sangat berarti untuk membersihkan perabot berbahan perak dan membuatnya mengilap.

6. Menghilangkan kutil
Kutil di kulit terkadang mengganggu dan sulit dihilangkan. Tetapi kandungan kalium dalam kulit banana mampu menghilangkan kutil dan mencegahnya tumbuh kembali. Caranya, tempelkan kulit pisang di bagian kulit pada mana terdapat kutil, lalu diamkan semalaman. Anda bisa melekatkan jangat pisang dengan bantuan plester. Lakukan secara rutin selama satu ataupun dua minggu sampai kutil menyelam.

7. Memajukan kualitas pupuk kompos
Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam kulit pisang akan meningkatkan kualitas pupuk kompos sehingga memupuk tanah dan tanaman.

8. Mengobati jerawat
Jerawat membandel bisa, lo dihilangkan dengan kulit pisang. Gosokkan kulit pisang ke area wajah terutama yang berjerawat. Diamkan sejenak, biarkan sisa-sisa pisang menempel dalam wajah, lalu bersihkan dengan cairan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang dan kulit Anda bagus berkilau.

9. Masker wajah
Indra peraba pisang juga bisa dimanfaatkan jadi masker kulit wajah. Tempelkan kulit pisang di wajah pada malam hari. Bersihkan dengan air melekat keesokan harinya. Lakukan secara rutin, Anda akan mendapatkan kulit paras yang halus dan mulus.

10. Memutihkan gigi
Gosokkan kulit banana selama dua menit sebelum menghasut gigi. Kulit pisang membantu membersihkan dan memutihkan gigi Anda. Kerjakan selama dua minggu berturut-turut atau lebih untuk melihat hasilnya.

Rekomendasi

About the author