Begini Teknik Menanam Tanaman Sukulen di Rumah

Begini Teknik Menanam Tanaman Sukulen di Rumah

Begini Teknik Menanam Tanaman Sukulen di Rumah

Banyak orang yang memelihara tanaman sukulen sebagai dekorasi di dalam rumah. (Pexels)

TABLOIDBINTANG.COM – Tanaman sukulen merupakan jenis tanaman yang mampu menyimpan makanan atau air dalam tubuhnya sebagai cadangan. Berasal dari bahasa latin yaitu succos yang berati juice, tanaman sukulen dapat tumbuh di daerah dengan persediaan air yang kurang. Maka dari itu banyak orang yang memelihara tanaman sukulen sebagai dekorasi di dalam rumah.

Dengan kemampuan tanaman sukulen ini tetapi tetap Anda harus menjaga dan merawat dengan baik. Berikut tujuh teknik yang perlu Anda tahu dalam menanam tanaman sukulen di rumah antara lain : 

1. Mengenal karakteristik dan bentuk tanaman sukulen
Langkah pertama adalah Anda harus mengenali karakteristik tanaman sukulen yang Anda akan tanam. Terdapat dua bentuk tanaman sukulen yang paling banyak digemari yakni jenis sukulen bunga dan jenis sukulen kaktus. Untuk Anda yang menginginkan ruangan feminim bisa berbentuk bunga dan sukulen kaktus dengan menampilkan karakteristik tanaman.

Sukulen (Pexels)

Sukulen (Pexels)

2. Menentukan ukuran pot
Berlanjut ke langkah berikutnya, yaitu menentukan ukuran pot sebagai wadah tanamnya. Ketebalan pot merupakan hal yang mesti diperhatikan dalam menanam tanaman sukulen. Paling tidak, pot yang dipakai untuk sukulen harus memiliki ketebalan 5 cm. Pasalnya, dalam memelihara sukulen memerlukan batu kerikil sebagai penyerap air untuk media tanam. Sedangkan untuk tinggi pot, ukuran yang ideal adalah 10  hingga 15 centimeter.

3. Pemberian pupuk cukup diberikan pada fase pertumbuhan 
Pemberian pupuk yang berlebihan justru dapat menurunkan keindahan tanaman, karena jarak duri atau daun menjadi jarang, dan tanaman rentan busuk. Mayoritas jenis tanaman sukulen seperti kaktus mengalami masa dorman (berhenti tumbuh), sehingga pemberian pupuk yang berlebih kurang efektif karena berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.

4. Menentukan komposisi media tanam yang tepat 
Anda perlu melakukan eksperimen untuk menemukan campuran yang terbaik yang sesuai lingkungan Anda menanam. Tetapi umumnya, tanaman sukulen menyukai media tanam yang kering, dan berpasir. Jadi, Anda dapat menggunakan pasir pantai, tanah vulkanik, tanah humus dan sedikit sekam (merang padi), sebagai campuran komposisi media tanam. Tips penting dalam memilih media tanam untuk sukulen ini ialah pastikan media harus bersifat porous (tidak menyimpan air).

5. Mengatur posisi tempat tamanan sukulen 
Menanam tanaman sukulen sebenarnya cukup mudah. Letakkan pot di area yang mudah terkena sinar matahari contohnya di dekat jendela. Hal ini dikarenakan tanaman sukulen dengan jenis yang berbeda, bisa saja memiliki kebutuhan sinar matahari yang berbeda. Warna hijau pucat dan tumbuh dengan kurus menunjukkan bahwa tanaman kekurangan sinar matahari, tetapi paparan langsung sinar matahari juga dapat menjadikan kulit tanaman terbakar.

Rekomendasi

About the author