Ciri Pemicu dan Cara Mengendalikan Mengecap Cemburu

Ciri Pemicu dan Cara Mengendalikan Mengecap Cemburu

Faktor Pemicu dan Cara Mengendalikan Rasa Cemburu

Cemburu bukan hanya berlaku dalam hubungan percintaan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM –┬áCemburu bukan hanya terjadi dalam ikatan percintaan. Kecemburuan juga bisa menjelma dalam bentuk persaingan antar darah, membandingkan kesuksesan diri dengan kesuksesan orang lain, bahkan antar sahabat pun bisa saling cemburu.

Cemburu akan membuat kita minder dan marah. Sebenarnya mengalami cemburu bisa saja jadi kausa hal positif. Misalnya, ketika kita melihat kesuksesan orang lain kita cemburu dan terpacu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri untuk kesuksesan. Kita harus mengontrol emosi dan melihat kesalahan asumsi dan persepsi yang terjadi di muncul kita.

Jenny Marchal menuliskan di laman lifehack. org, kecemburuan bisa terjadi akibat keinginan atau keinginan masa kecil dengan tidak terpenuhi. Kecemburuan adalah perasaan negatif yang berasal dari mengalami tidak aman, takut, khawatir, serta cemas akan kehilangan sesuatu yang besar. Semua hal itu bisa jadi akibat dari peristiwa yang dialami di masa kecil bersama pengampu atu pengasuh.

Manusia memang bertentangan, maksudnya di satu sisi kita sangat ingin mandiri dan percaya pada diri sendiri. Di sisi lain, kita ingin diterima orang lain. Menurut teori kelekatan, status pengalaman kedekatan ini mempengaruhi hubungan saat dewasa. Jika kebutuhan beri sayang dengan orang terdekat di masa kecil tidak terpenuhi, mengecap tidak aman dan kecemburuan mampu muncul.

Namun pada sebuah hubungan rasa cemburu bisa diartikan sebagai bentuk perhatian. Tidak jarang pasangan malah merasa tak diperhatikan saat tidak dicemburui.

Maka, rasa cemburu sesungguhnya tidak bisa dihilangkan tapi bisa diungkapkan dengan cara yang bertambah baik. Tentu segala hal yang berlebihan cenderung berakibat buruk. Ketika rasa cemburu datang dan membuat marah, lebih baik bicarakan. Memendam perasaan malah akan membuat melempem hati. Bisa jadi hal yang dilihat tidak sesuai kejadian aslinya.

Setelah jujur secara situasi kita harus menerima respon dari orang lain. Jika memang orang lain atau pasangan mengetahui perasaan cemburu itu, maka dia akan melakukan sesuatu agar kita merasa lebih aman. Jangan lengah kita sudah harus terbuka masa mengungkapkan rasa cemburu san berfokus membuat hubungan saling percaya.

Rasa tidak aman pula jadi penyebab utama kecemburuan. Dengan bisa dilakukan adalah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Selain itu, kita harus kenali pola pikiran negatif dengan sering hinggap di pikiran.

Semakin kita sadar akan pola itu, kita mengontrol sektarian negatif dan menggantinya dengan sektarian positif. Dan terakhir sadarlah jika kita layak mendapatkan cinta serta perhatian.

Rekomendasi

About the author