Daya Mengelola Stres di Tempat Kerja

Daya Mengelola Stres di Tempat Kerja

Kiat Mengelola Stres di Tempat Kerja

Tekanan kerja yang intens bisa menjadi penyebab stres. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM – Dalam menapaki karier, lumrah jika menemui tantangan dan halangan. Namun kadang-kadang kala, hal itu bisa menimbulkan stres kerja hingga berakibat pada kemunduran. Mengapa ini bisa terjadi?

Psikolog Vera Sintyadewi, M. Si., CGA menjelaskan, tekanan kerja yang intens bisa menjadi pasal stres. “Seperti kita ketahui, stres di tempat kerja bisa dikarenakan beberapa faktor seperti tekanan lantaran atasan, lingkungan kerja, bahkan daripada tugas-tugas yang dibebani kepada seseorang. Dan jika tekanan ini terus berlanjut secara intens sehingga tekanan yang dirasakan semakin intens juga, maka bukan tidak mungkin bakal menyebabkan seseorang menjadi depresi, ” terang Vera.

tidak hanya berdampak pada kesehatan mental melainkan juga pada kesehatan fisik. (Depositphotos)

tidak hanya berdampak pada kesehatan mental memperbedakan juga pada kesehatan fisik. (Depositphotos)

Selanjutnya, Vera membagikan empat tip untuk mengelola stres di wadah kerja. “Pertama, pengalihan. Jadi kala kita sudah mulai merasa tidak kuat dengan tekanan maka kita harus menemukan ‘pengalihan’ seperti mengabulkan hal-hal yang lebih kita sukai. Kedua, belajar untuk menyukai barang apa yang kita kerjakan. Kalau kita menyukai pekerjaan kita maka efek untuk mengalami stres di tempat kerja akan berkurang. Ketiga, menerapkan gaya hidup seimbang antara order, kehidupan pribadi dan hal dengan kita sukai. Melakukan hobi misalnya, itu bisa menjadi media stress release yang baik. Keempat, berpikiran nyata, ” papar Vera.

Masalahnya, stres tidak hanya berdampak dalam kesehatan mental melainkan juga di kesehatan fisik. “Seperti kita ketahui bahwa stres di lingkungan kegiatan biasanya membawa seseorang ke dalam gaya hidup yang tidak bugar. Mulai dari kurang tidur, merokok, banyak makan atau sebaliknya, tak nafsu makan. Jadi, stres ini tak hanya menyerang mental kita selalu seperti depresi melainkan juga fisik seperti penyakit lambung, ” membuka Vera.

Rekomendasi

About the author