Kalau Al, Andin dan Semua Tipu di Sinetron Pakai Masker, Siapa Kira-kira yang Akan Protes?

TABLOIDBINTANG. COM – Teguran Komisi Penyiaran Nusantara (KPI) pada beberapa talk show yang dianggap melanggar protokol kesehatan tubuh, berbuah kritik karena dianggap tak adil dibanding dengan perlakuan KPI pada sinetron. Kritik salah satunya datang dari Deddy Corbuzier, juga dari seorang anggota DPR.

Acara talk show, variery show dan presenter berita benar diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan melindungi jarak selama musim pandemi Covid-19. Tapi di sinetron yang saat ini sedang tayang di TV kita bisa melihat para bintangnya berakting seperti biasa. Bukan hanya tidak menjaga jarak, tapi juga tak bermasker. Apakah mereka juga tekun cuci tangan di lokasi syuting? Ah, itu urusan bagian penerapan.

Tapi kalau demi keadilan semua pemain sinetron wajib bermasker saat syuting dan berakting seperti di acara talk show, apa yang akan terjadi? Ramal aneh membayangkan Aldebaran dan Andin di Ikatan Cinta selalu memakai masker saat keluar rumah. Penonton pasti akan sedikit kesulitan menangkap ekspresi wajah para bintang sinetron yang tertutup masker. Para aktor/aktris sinetron juga mungkin akan kurang mengalami kesulitan berakting dengan sebagian wajah tertutup masker.

Tapi seandainya KPI nekad mewajibkan semua pemain sinetron mengenakan masker, manjaga jarak dan rajin membasuh tangan, ini akan jadi kampanye yang luar biasa efektif. Bertambah efektif dibanding membayar banyak buzzer. Para penikmat sinetron tanpa ingat terus-menerus diingatkan bahwa sekarang cukup masa pandemi covid-19. Bukan tak mungkin mereka bahkan ikut-ikutan memakai masker meski sedang nonton TV di rumah, sendirian. Demi simpati dengan pemain sinetron.

Tentu saja tak harus sepanjang bagian para pemain sinetron bermasker. Adegan di rumah di antara sesama anggota keluarga boleh saja tanpa masker. Sinetron dengan seting era lalu dengan seting kerajaan Majapahit, pasti aneh kalau para pemainnya bermasker. Lebih aneh lagi kalau sinetron tayang ulang juga harus pakai masker. Bagaimana caranya?

Sinetron dengan seting rencana masa kini, seperti beberapa titel yang sekarang tayang di RCTI dan SCTV, mestinya justru tampak makin realistis kalau para pemainnya bermasker dan menaati protokol kesehatan tubuh, seperti yang terjadi dalam kesibukan nyata kita saat ini. Pada saat bersamaan protokol kesehatan dalam sinetron bisa menjadi tantangan baru para aktor dan aktris berakting dengan sebagian wajah tertutup masker. Tak mudah dan merepotkan, tapi demi keadilan tak apa juga diterapkan. Tapi jangan-jangan malah penonton sinetron yang protes karena wajah bintang pujuaannya tertutup masker. Tak bisa lagi melihat senyum Mas Al atau ikut berdebar-debar tahu gerak bibir Andin.

About the author