Teknik Menyimpan Roti agar Lebih Langgeng: Dalam Wadah Kedap Udara

Teknik Menyimpan Roti agar Lebih Langgeng: Dalam Wadah Kedap Udara

Kiat Menyimpan Roti agar Lebih Awet: Dalam Wadah Kedap Udara

Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG. COM –┬áRoti menjadi salah mulia pilihan pangan masyarakat Indonesia. Selain mempertahankan rasa kenyang lebih lama, roti praktis disantap. Menurut Departemen Pertanian dan Pangan Amerika Serikat, roti basi ditandai dengan komposisi roti yang mengering dan aroma yang tidak sedap lagi.

Sementara itu, berdasarkan penelitian Studi Pangan Universitas Nebraska-Lincoln, GANDAR, mikroorganisme seperti jamur roti bisa tumbuh dengan baik di tempat dengan suhu kamar yakni sekitar 20-25 derajat Celsius. Lantas, bagaimana cara menyimpan roti yang elok agar lebih awet? Berikut lupa satu cara yang bisa dilakukan.

Kala menyimpan roti, Anda harus memperhatikan suhu & kelembapan udara. Jika udara terlalu lembap, roti rentan berjamur. Oleh karenanya, paling baik menyimpan roti dalam wadah kedap udara.

Maksudnya pertama, mencegah agar kandungan cairan dalam roti tidak menguap dengan mudah. Kedua, wadah roti dengan tertutup mencegah spora jamur, dengan bisa menyebar lewat udara, menempel pada roti. Maka roti yang disimpan dalam wadah kedap udara bisa bertahan satu hingga besar minggu lamanya. Namun Anda juga perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa dengan tercantum pada kemasan.

Rekomendasi

About the author